Sunday, 13 December 2015

Pantai Kwala Serapuh, Pantai Asri Bumi Langkat Yang Terlupakan


Mungkin bagi anda yang melihat judul tulisan diatas akan membuat rasa penasaran di dalam hati, apakah ada sebuah pantai yang terletak di kabupaten langkat?? Jawaban adalah ya benar. Di Kabupaten Langkat terdapat sebuah pantai yang masih sangat alami walaupun pantainya tak seindah pantai di kuta Bali namun tetap memberikan kesan kepada siapa saja wisatawan yang berkunjung kesana, Adapun nama pantainya adalah Pantai Kwala Serapuh, Terdapat di sebuah kecamatan yaitu kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Jarak pantai tadi jika ditempuh lewat jalur darat dari pusat ibu kota sumatera utara ataupun kota Medan adapun yaitu kurang lebih ± 3 jam perjalanan, serta jika ditempuh dari ibu kota Kabupaten Langkat yaitu kota Stabat kurang lebih ± 2 jam perjalanan dengan mengendarai sepeda motor, dikarenakan daerahnya tidak bisa dilalui dengan fasilitas seperti kendaraan roda empat atau mobil di karenakan penyangga titi atau jembatan yg sudah tua/rapuh dan mungil, Sehingga oleh sebab itu kendaraan roda empat tidak bisa melaluinya.


Jika kita ingin menuju ke Pantai kwala serapuh ini tadi, terdapat 2 jalur alternatif yang pertama yaitu jalur darat dan yang kedua yaitu lewat jalur sungai, Bila kita menempuh melalui jalur darat kita harus menggunakan sepeda motor, sedangkan jika hendak kesana melalui jalur sungai kita dapat memakai alat transportasi masyarakat disana yaitu “sampan” ataupun kapal kecil yang lain sebagainya, Awal mulanya terdahulu jalur darat untuk kita menuju ke pantai itu tadi belum tersedia dikarenakan jalan menuju kesana masih merupakan hutan alami, Akan tetapi setelah adanya pembukaan lahan buat penanaman Kelapa Sawit yang dilakukan secara besar-besaran oleh Para perusahaan pengolah bahan industri kelapa sawit, maka saat ini bila kita ingin kesana maka kita dapat melewati jalur darat dengan melewati jalur lahan perkebunan sawit yg baru di cocok tanam dan  pula beberapa lahan kosong yg akan ditanami kelapa sawit. Dan Ketika kita sudah tiba di Pantai tersebut kita akan berdecak kagum menikmati estetika alami dari Pantai tersebut, dimana rasa penat serta lelah saat perjalanan tadipun akan hilang seketika sesudah kita berdiri dan menikmati udara segar dan pemandangan yang sangat jarang kita temui di Kota, hamparan luas samudra yang seakan tidak bertepi terlihat begitu mempesona nan sangat cantik, semilir angin sepoi-sepoi ditemani riuhan ombak membahana seiring sahutan kicauan burung-burung yang terbang di langit Pantai yang membawa kita ke alam rileksasi seakan terbang jauh dari penatnya masalah sehari-hari kita.


Potensi yang begitu Luar Biasa namun akan tetapi Jika tidak dikelola dengan sangat baik serta tidak di fasilitasi dengan sarana dan prasarana, Dapat dipastikan Potensi itu akan hilang dan bisa saja lenyap ditelan oleh waktu, pada hal pantai nya begitu menentramkan hati. Namun sedikit sekali cara pemerintah untuk menaikkan minat pengunjung adapun salah satunya yaitu dengan cara membuat acara yang nama nya “Pesta Pantai” yang diadakan setahun sekali di tepian pantai itu tadi, dengan beragam acara yg menarik serta yang bertujuan mampu mempertinggi pendapatan penduduk lokal disana, karena memang tempatnya yang sangat jauh bila kita datang dari pusat kota, baik ibukota langkat Stabat juga ibukota sumatera utara Medan, namun dengan adanya acara tersebut setidak nya anggota masyarakat disana mampu menggali potensi yang ada di daerah mereka agar dapat membentuk pendapatan dari bidang lainnya selain melaut bagi mereka. Ketika tiba hari pesta pantai tersebut para pengunjung ramai berdatangan dari beragam wilayah yang terdekat tiba kesitu dimulai dari sekitaran Kab.Langkat bahkan pengunjung jauh datang dari Kota Medan datang untuk ikut serta pada waktu diperingati acara Pesta Pantai tersebut, sebab ini adapun merupakan acara tahunan, jadi hanya diperingat sekali dalam setahun, serta tidak bisa kita jumpai di hari-hari biasa. Di waktu acara itu tadi adapun diadakan beberapa program menarik, diantaranya lomba menyanyi, pemilihan putri pantai, panjat pinang, dan beragam acara menarik lainnya yang menanti untuk kita saksikan.

Begitu Luar Biasa potensi yg terdapat, saat program pesta pantai tersebut yg biasa nya diadakan masih dalam suasana liburan hari raya idul fitri, mengakibatkan pengunjung yg datang begitu ramai, pengunjung yg tiba akan dimanjakan dengan hamparan pasir serta hamparan samudra yg luas serta sampan-sampan yg terlihat begitu mungil ramai tersusun rapi dari kejauhan, serta  apabila datang pasang surut yang ketinggiannya dapat mencapai 3 km dari bibir pantai, jadi ketika surut kita bisa berjalan-jalan santai hampir mencapai ke tengah pantai, bermain dengan ubur-ubur serta siput-siput kecil yg berlari kesana kemari. Rami pengunjung yang mengabadikan momen baik nya itu dengan memakai kamera handphone atau juga kamera digital bertujuan untuk memberitahukan ke khalayak dunia maya serta pula di share ke sahabat, teman-teman mereka yg belum pernah ke pantai ini.


Tetapi acara tadi hanya ada setahun sekali, jadi jika kita datang pada hari-hari yg lain kesana, seperti pantai kosong yg tiada berpenghuni, padahal Bila pemerintah serius mengelola serta  mengembangkan Potensinya maka bisa jadi menjelma menjadi satu kawasan wisata primadona Masyarakat di Kabupaten Langkat selain Bukit Lawang pada bahorok dan   Tangkahan di batang serangan. Sehingga masyarakat  Langkat mampu membanggakan wisata dari daerahnya sendiri, bukan hanya perjalanan ke daerah wilayah yang terdapat di luar langkat saja, padahal potensi wisata daerah langkat tidak kalah bagus pula dibandingkan dengan wilayah yg lainnya yang terdapat di Propinsi Sumatera Utara. Adapun yg wajib perlu menjadi perhatian bagi pemerintah daerah kita khususnya Langkat yaitu sarana serta  prasarana yg mendukung penduduknya, Yang akan mengakibatkan tren Positif bagi pengunjung yang berniat untuk datang, bisa merasa aman serta nyaman menikmati sensasi pemandangan alami karya ilahi rabbi Pantai Kwala Serapuh yang terdapat di Tanjung pura Kabupaten Langkat. Anda masih bertanya-tanya bagaimana suasana yang sebenarnya yang terdapat di pantai kwala serapuh? Jika begitu Anda dapat melihat foto-fotonya yang telah saya siapkan di blog ini.

Sekian dari Saya Terimakasih Atas Kunjungannya, Sehat Selalu dan Wassalamu’alaikum wr.wb.



1 comment: